Festival film internasional sebagai satu pekerjaan terorganisir yang diselenggarakan jadi wadah untuk beberapa sineas pelosok dunia untuk unjuk gigi mempresentasikan kreasi-kreasinya. Rata-rata, festival film bakal fokus berdasar jenis-genre film. Perubahan dunia perfilman di seluruhnya penjuru dunia, bikin banyak festival-festival film internasional banyak muncul serta diselenggarakan oleh pelbagai organisasi di beberapa negara dunia. Akan tetapi, antara jumlah festival film internasional itu, ada banyak festival film internasional paling berpamor, berikut listnya:

Venice Film Festival

Venice Film Festival Sebagai festival film paling tua di dunia yang dibuat di tahun 1932. Festival film ini salah satu festival film yang benar-benar ditakuti. Festival ini rata-rata diselenggarakan akhir Agustus atau awal September di pulau Lido, Venice, Italia. Pemutaran film berjalan di Palazzo del Cinema yang bersejarah di Lungomare Marconi serta di beberapa tempat lain disekitarnya. Penghargaan yang diberi oleh festival ini merupakan Golden Lion, Silver Lion, Lion of the Future, Jaeger-LeCoultre Glory untuk the Filmmaker Award, dan seterusnya.

Sundance Film Festival

Festival film paling besar di Amerika Serikat ini dibuat di tahun 1978, serta mulai saat itu diselenggarakan tiap-tiap tahun di Utah, Amerika Serikat. Dalam pagelaran Sundance Film Festival menghadirkan film berdiri sendiri yang dibikin oleh pembuat film berdiri sendiri Amerika serta internasional. Selain itu, Sundance pun membuat pelbagai pertandingan untuk film dokumenter, film layar-lebar, film pendek, dan seterusnya. Sundance bukan hanya suatu festival film, lebih dari pada itu Sundance sebagai pusat jaringan untuk beberapa pembuat film serta beberapa kepandaian yang pingin masuk dunia perfilman dunia, suatu komunitas untuk membicarakan problem serta tehnologi terobosan yang mengubah film serta media, dan tempat untuk menyaksikan beberapa selebritas dunia.

Cannes Film Festival

Cannes Film Festival Dibuat akhir 1930-an Cannes Film Festival sebagai festival film paling populer serta berpamor yang sudah pernah ada. Populer lantaran eksklusivitasnya serta riwayat panjang penyajian beberapa film paling baik sepanjang waktu. Dan, lantaran berubah menjadi tuan-rumah pasar film tersibuk di dunia, Marché du Film. Dengan kira-kira 30.000 pekerjaanonal industri film terakreditasi. Pegelaran yang terbanyak dikabarkan media ini miliki beberapa kelompok penghargaan populer seperti, Palme d’Or, Grand Prix, Queer Palm, Kamera d’Or, Prix Vulcain, dan seterusnya.

Toronto Internastional Film Festival

Toronto Internastional Film Festival Semenjak dibuat di tahun 1976 Toronto International Film Festival (TIFF) udah berubah menjadi satu diantara festival paling besar serta paling berpamor di dunia. TIIF pun sebagai titik awal masuk khusus ke pasar film Amerika Utara. Sebelumnya festival film ini dinamakan ‘The Festivals of Festivals’ serta dibuat oleh William Marshall, Henk van der Kolk, serta Dusty Cohl. penghargaan yang diberi pada Toronto International Film Festival merupakan penghargaan People’s’s Choice serta penghargaan Film Feature Paling baik Kanada.

Hong Kong International Film Festival

Hong Kong International Film Festival Festival film internasional Hong Kong dibuat di tahun 1977, festival ini berubah menjadi organisasi berdiri sendiri serta amal semenjak tahun 2005. Diketahui lantaran kerap mempromokan serta mengeluarkan beberapa kreasi dari kepandaian baru. Festival ini membuat pelbagai penghargaan serta pertandingan tiap-tiap tahun untuk mengaku karya beberapa pembuat film. Seperti, Pertandingan Digital Asia, Penghargaan Kemanusiaan untuk Dokumenter, Pertandingan Film Pendek Gelombang Fresh, dan seterusnya. Tidak cuman dari pemutaran film, festival film ini pula mengadakan seminar, acara pesta, pameran, serta pertemuan.

Share This Post